Cara Verifikasi PayPal Menggunakan Kartu BCA

by AthayaWeb | posted: 17:34 | 6 komentar

Siapa bilang kalau verifikasi account PayPal yang memakai kartu debit gak bisa? susah? buktinya PayPal saya aktif cuma pakai kartu debit kok….

Your PayPal account is Verified
You are now a Verified PayPal user. In addition to increased security, buyers and sellers value your Verified status because it indicates you have passed PayPal security checks.

Your member status is: Verified

Konfirmasi diatas didapatkan sesaat setelah memasukkan sejumlah nominal uang yang sebelumnya didebit oleh PayPal dari rekening BCA melalui kliring otomatis. Nominal uang yang dipotong dari rekening saya juga terbilang sangat kecil, masing-masing 11.00 IDR dan 3.00 IDR atau totalnya Rp. 14 (empat belas Rupiah!)
Ternyata ada sedikit yang perlu saya ralat atau koreksi, makanya saya menambahkan keterangan ini dan menggaris tengah kalimat diatas karena ternyata saya salah memperhatikan histori transaksi di rekening saya karena saking semangatnya mau menuliskan artikel ini. Ternyata uang yang masing-masing nominalnya 11.00 IDR dan 3.00 IDR atau totalnya Rp. 14 (empat belas Rupiah) adalah dalam bentuk deposit dari PayPal dan bukan debit dari rekening BCA saya alias rekening saya justru bertambah 14.oo IDR dan berarti verifikasi account PayPal saya gratis.

Hampir ga bisa dipercaya, kok bisa? Tetapi kenyataannya account PayPal saya berstatus Verified!
Sebenarnya saya juga gak tahu kalau pakai kartu debit bisa dipakai untuk verifikasi account PayPal karena selama iniyang saya baca dari berbagai blog mengatakan kalau hanya kartu kredit dan kartu kredit virtual yang bisa, untuk kartu debit ada beberapa bank yang bisa tapi sepertinya hanya bank yang berlokasi di Amerika aja.
Cimb Niaga sempat disebut-sebut bisa dipakai, tetapi setelah dikonfirmasi ke bank yang bersangkutan katanya sudah gak bisa lagi sekarang. Yang agak aneh lagi dan sedikit membingungkan, setelah saya cek lagi ternyata di kartu ATM BCA gak ada logo Mastercard maupun Visa seperti yang disyaratkan PayPal, yang ada justru logo Maestro dan Cirrus. Kok bisa? gak tau ah, masih bingung he he.

Histori transaksi (internet banking) yang dibebankan PayPal di rekening BCA. Sebagian dikaburkan untuk menjaga privasi.
“Biaya” yang dibebankan juga jauh lebih murah dibanding memakai kartu kredit. Uang yang dipotong itu sebenarnya bukan biaya karena akan dikembalikan ke account PayPal kita kecuali kalau kita memakai jasa pihak ketiga untuk mengurus verifikasi account PayPal yaitu memakai VCC (Virtual Credit Card).
Nah untuk mendapatkan VCC sebenarnya gampang, banyak yang menawarkannya dengan pakai biaya tentunya. Biayanya bervariasi antara Rp. 70.000 sampai 150.000. Saya juga sempat sms dan chat via Yahoo Messenger ke salah satu penyedia VCC tetapi saya mendapatkan layanan yang kurang bersahabat, pertanyaan saya via sms dan chat tidak memuaskan. Jawaban mereka sederhana dan singkat: untuk panduan transfer dan cara aktifasi silahkan lihat di website kami.
Sebagai calon klien yang belum terlalu kenal dengan layanan mereka tentunya masih ragu-ragu untuk transfer uang ke rekening mereka kalau seperti itu caranya. Akhirnya saya mencoba memakai kartu debit BCA. Sebagai informasi tambahan, saya mendaftar di PayPal pada tanggal 5 Januari 2010 dan mengverifikasi account PayPal pada hari ini (26/01/2010). Di internet banking saya, PayPal mengirimkan konfirmasi ke rekening saya pada tanggal 25 Januari 2009. Agak terlambat memang dari jadwal yang diberikan oleh PayPal sendiri yang katanya akan dikirimkan pada tanggal 20 Januari, ini mungkin karena transaksinya dalam bentuk kliring.
Pendaftaran dan Aktifasi
Ada satu hal yang sangat disayangkan yaitu gak antisipasi sebelumnya untuk mengambil gambar screenshoot ketika mulai mendaftar di PayPal sampai proses verifikasi account biar ilustrasi dalam artikel ini lebih jelas/rinci karena waktu itu saya cuma trial and error aja, belum yakin kalau cara ini akan berhasil.
Namun saya yakin, rata-rata pasti sudah familiar untuk mendaftar, data yang diminta juga masih standar. Setelah mendaftar, silahkan verifikasi e-mail anda dengan mengklik alamat link yang dikirimkan via e-mail. Setelah e-mail diverifikasi, klik Get verified lalu isi data rekening.
Namun ada kalanya setelah form isian diisi dan submit PayPal gak bisa menerimanya. Untuk itu pakai cara lain yaitu cari Profile lalu pilih Add/edit Bank Account lalu isi data sesuai yang diminta. PayPal akan mengkonfirmasi apakah rekening anda telah berhasil dan kapan mengirimkan tagihan ke rekening bank anda, pengalaman saya kurang lebih 1 minggu.
Setelah 1 minggu silahkan cek histori transaksi rekening anda lalu apakah ada yang terdebit dari PayPal.
Disarankan memakai internet banking, bukan dicetak pakai buku tabungan karena rincian di rekening koran kurang lengkap. Silahkan konfirmasi sejumlah uang yang tertera di rekening anda ke rekening PayPal anda, login di http://www.paypal.com lalu masukkan username dan password, klik Get Verified di form yang tersedia. Ada 2 formulir yang perlu diisi, ketika saya konfirmasi angka yang saya masukkan adalah 11.00 dan 3.00 Demikian pengalaman saya dalam mengverifikasi account PayPal pakai kartu debit, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang selama ini mengidamkan untuk punya account PayPal. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat